Ponsel Unik Dan Aneh

Di abad 21 ini, telekomunikasi telah memasuki era yang begitu dahsyat. Ketika beberapa puluh tahun yang lalu, telepon rumahan masih merupakan barang mewah dan lux, kini yang namanya ponsel (telepon selular/Handphone) telah merupakan barang keseharian bagi setiap orang. Berikut ini dapat kita lihat beberapa telepon rumahan pada masa era lama.

Melihat gambar di atas, sebagian dari kita mungkin berpikir benda-benda itu sudah kuno sekali untuk masa sekarang ini. Namun jangan salah, benda itu dahulunya adalah ‘primadona’ di masa lalu ketika telepon baru saja muncul ke permukaan kehidupan manusia. Dan sekarang benda itu hanya menjadi kumpulan koleksi benda kuno dan antik yang harganya juga cukup lumayan. Mungkin sebagian kecil masih ada orang yang menggunakan benda itu di rumahnya karena masih terawat dengan baik.

Perjalanan waktu yang kian cepat telah menunjukkan perubahan yang luar biasa pada kehidupan manusia. Arus informasi dan kemajuan ilmu dan teknologi telah melahirkan hal-hal dan sesuatu yang  sifatnya  baru, substitusi, dan komplementer dari yang lama. Hal ini juga berlaku pada bidang pertelekomunikasian, di mana yang namanya ponsel, telepon seluler, handphone (HP) telah menjamur dimana-mana. Siapa yang tidak mengenal handphone atau ponsel (telepon selular) pada saat ini? Benda ini diperkenalkan pada tahun 1980-an, dan kini peralatan komunikasi ini sudah menjadi perlengkapan sehari-hari yang sudah dianggap biasa. Di kota-kota besar khususnya, baik tua maupun muda sudah menggunakan benda ini di kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis, bentuk, tampilan, dan fitur fungsi diciptakan untuk memuaskan kebutuhan dan  keinginan si pemakai.

Selain itu, alat yang ukurannya kian imut dan menarik ini juga sudah dianggap sebagai ‘teman’ di perjalanan atau di tempat beraktivitas yang amat praktis. Benda ini dapat menghubungkan kita dengan relasi, kolega, bahkan dengan bos ‘galak’ sekalipun dan di mana pun. Teknologi telekomunikasi telah memungkinkannya dapat dipergunakan di mana saja. Apalagi dengan diluncurkannya satelit-satelit selular, yang selanjutnya memungkinkan benda kecil ini bisa digunakan di tempat terpencil (remote area), bahkan dari tengah lautan. Satu yang membuatnya unggul dibanding telepon rumahan, yakni sifatnya yang tanpa kabel atau wireless. Revolusi di bidang pertelekomunikasian memang telah sampai pada tahapan yang dahsyat. Ketika aktivitas sehari-hari telah begitu overlaps (saling tumpang tindih), peralatan canggih ini selanjutnya menjadi alat yang menentukan. Ia bisa digunakan sebagai penyampai pesan dan kabar penting, selain sebagai media untuk perbincangan ringan, yang mana kaum muda biasa menyebutnya ‘ngobrol gaul’.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa untuk mencapai tahapan ini, ratusan insinyur, designer, ahli IT, dan ahli-ahli lainnya harus menghabiskan waktunya bertahun-tahun di laboratoirum guna menguak berbagai misteri di belakangnya. Mulai dari mempelajari misteri gelombang elektromagnet, sifat gelombang radio berikut klasifikasinya, sampai parameter udara atau atmosfer yang menjadi media perambatannya. Semua ini berkaitan dengan transfer energi yang tak kasat mata, sehingga apa saja yang berkaitan dengannya masih bisa disebut sebagai fenomena alam. Jika di kota Jakarta dalam selang waktu tertentu ada dua juta orang bercakap-cakap dengan koleganya lewat ponsel, kita pun tak pernah mengerti benar betapa padatnya percikan atau radiasi gelombang elektromagnet yang ditimbulkan saling berseliweran.

Anyway, ponsel sendiri sebenarnya bukan peralatan yang benar-benar canggih. Alat ini pada prinsipnya hanyalah sebuah radio transceiver (transmitter-receiver/pengirim-penerima) biasa, mirip walkie-talkie atau handie-talkie yang kerap jadi perlengkapan standar polisi atau petugas sekuriti. Bagian utama dari peralatan telekomunikasi ini adalah osilator sebagai pembangkit sinyal radio, penguat frekuensi radio, pencampur (mixer), pencacah gelombang (detector), dan penguat sinyal audio.

Lalu mengapa disebut telepon selular? Sebutan ini rupanya berangkat dari bentangan penguat sinyal yang dibangun jaringan antena RBS (radio base station) yang menjadi piranti penangkap dan penyebar sinyal. Untuk sebuah kota, penyelenggara jaringan atau biasa disebut provider (apakah itu Telkomsel atau Satelindo) biasa membaginya dalam bentuk sel yang bentuknya imajiner, di mana setiap sel akan diwakili sebuah antena RBS. Itu sebabnya telepon bergerak (mobile phone) ini selanjutnya dikenal pula sebagai telepon selular.

Jadi sedikit lebih tau kan penjelasan sebelumnya mengapa ponsel disebut juga dengan Telepon Seluler? Nah, berbicara mengenai ponsel, telepon seluler, atau handphone (HP) yang biasanya disebut orang. Berikut ini akan diuraikan beberapa ponsel yang unik, aneh, keren, lucu, cool, dan juga mungkin artistik. Ponsel-ponsel ini mungkin saja akan beredar dalam waktu dekat ini loh. So, jangan sampai Anda ketinggalan informasi dan peluncuran perdananya ya, karena ponsel ini begitu unik dan aneh, dan siapa tau mungkin Anda berminat pada salah satunya.

1. Ponsel Alam atau Ponsel ‘Recycle

Ponsel ini katanya terbuat dari jerami alias rumput kering.  Hmm, walaupun konsepnya “recycling” atau dapat diperbaharui kembali, dan ramah lingkungan. Namun sepertinya ponsel ini tidak praktis, karena mungkin tidak akan bertahan lama karena faktor kondisi bahan material penyusunnya. Anyway, ide back to nature pada ponsel ini didesain oleh Je-Hyun Kim.

2. Ponsel Window atau Ponsel Cuaca

Apakah Anda menginginkan ada fitur cuaca di ponsel Anda? Nah, ponsel yang satu ini secara prediktif sanggup memprediksi cuaca di mana saja bahkan di lokasi yang tidak bisa diprediksi. Wah, ide yang sangat jenius dan kreatif kan? Kita jadi bisa tau kondisi cuaca pada saat itu, jadi bisa ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’ neh.. He he he.. Siap-siap saja, mungkin ponsel model begini bakalan beredar dalam waktu dekat ini. Oh ya, ponsel ini didesain oleh Seunghan Song.

3. Ponsel Chinese Scrolls

Wow, satu lagi nih ponsel yang unik dan keren. Display roll-out dan tombol-tombol keren yang ditempatkan pada gulungannya benar-benar ‘hot’. Hmm, “wait a minute”…!!! Repot banget gak sih kalo dipake untuk sehari-hari? Bukan apa-apa, soalnya layar displaynya yang harus ditarik-tarik saat menggunakannya. Kan sayang barang bagus begini jadi cepat rusak. Tapi, bagi orang yang hati-hati, mungkin ponsel ini pilihan yang bagus sekali. Nah, ponsel ini didesain oleh Yun Liang.

4. Ponsel Ubin

By The Way, pasti kalau kita lagi dalam perjalanan kita sering menghabiskan waktu buka-buka aplikasi ponsel atau main game di HP, kan? Nah, Bagaimana dengan ponsel yang satu ini? Ponsel yang satu ini memiliki aplikasi-aplikasi yang bisa dibongkar pasang dan ada disekeliling ponselnya, serta mudah diupgrade loh. Waduh, jadi kayak main ‘puzzle’ atau susun warna kubus nih. Kayaknya menarik nih.. hi hi hi.. Nah, ponsel ini diciptakan oleh Tzu-Fu Wang.

5. Radia – Ponsel Lingkaran

Siapa bilang ponsel bentuknya harus kotak atau persegi? Buktinya ponsel yang satu ini berbentuk lingkaran dan sangat indah penuh artistik. Dengan bentuk lingkaran yang berkilauan menjadikan ponsel ini tampak lux dan glamour di mata orang. Aduh, jadi kepingin nih bisa meletakkan ponsel ini di saku. Michael Laut memang paling bisa aja menciptakan ponsel bagus seperti ini. Bravo.. !!!

6. Ponsel Gelang atau Ponsel Borgol

Sebelumnya kan ada ponsel yang berbentuk lingkaran. Nah, yang ini bentuknya gelang atau seperti borgol jika kedua kombinasinya dipadukan. Wah, sepertinya menarik nih? Tetapi kayaknya nih ponsel peminatnya pasti didominasi oleh kaum hawa, karena bentuknya yang seperti aksesoris gelang yang biasanya dipake oleh para wanita. Namun, kaum adam sekalipun boleh kok memilikinya, biat tambah “cucok deh”.. ho ho ho.. Ponsel ini buah karya dari Tao Ma. Nilai A plus dan apresiasi deh buat kreativitasnya !!!

7. Ponsel Molekular

Lagi-lagi ada ponsel yang bentuknya aneh dan unik loh. Nah, ponsel yang satu ini bentuknya seperti ikatan molekular dalam suatu senyawa (khususnya ikatan O2), karena itu disebut juga sebagai Ponsel O2. Keren banget ga sich? Semoga cepat beredar nih ponsel, jadi ingin memilikinya deh. Ho ho ho.. Anyway, ponsel ini hasil buah karya dari tjep design.

8. Ponsel Kayu Maple

Yo Yo Yo.. Ponsel yang bentuknya aneh udah dibahas kan sebelumnya? Nah, yang sekarang ini adalah kontestan ponsel dengan bahan material penyusun yang unik juga seperti Ponsel Alam. Berita punya berita, ponsel ini di-created oleh Hyun Jin Yoon & Eun Hak Lee dengan bahan material penyusunnya adalah kayu maple, makanya untuk sementara namanya Ponsel Kayu Maple. Jangan salah loh, walaupun sekilas dilihat bentuknya sederhana, tapi kesederhanaannya inilah yang membawanya tampil imut, lucu, dan unik. Ayo ada yang mau? Pasti mau dong kalo dikasih gratis….

9. Trou Hologram Mobile Phone

Sekarang memasuki topik bahasan ponsel yang menurut penulis keren banget deh.  Tadi kita sudah membahas ponsel dengan bentuk yang aneh dan ponsel berbahan material yang aneh kan. Nah, sekarang yang berikut ini adalah ponsel dengan display teraneh. Trou Hologram Mobile Phone buah karya Mac Funamizu adalah ponsel terobosan yang unik dan penuh nuansa modern kecanggihan. Ponsel ini menggunakan trou hologram sebagai layar/tampilan ‘maya’ yang memunculkan gambar atau bentuk benda yang dapat dilihat, bisa tiga dimensi juga deh kayaknya. Yang jelas jadi “ngences’ nih ingin segera menggenggam ponsel yang satu ini dengan di tangan sendiri. Kapan ya?!

10. Ponsel User Interface “touch of a finger”

Nah, kategori ponsel terakhir yang menjadi topik pembahasan kali ini adalah ponsel dengan user interface teraneh, yakni ponsel dengan ide sentuhan jari. Seperti halnya Trou Hologram Mobile Phone buah karya Mac Funamizu, ponsel ini dirancang oleh sang pencetusnya Sunman Kwon, juga dengan nuansa teknologi yang modern, canggih, dan menggunakan hologram untuk memunculkan tampilan gambar, angka-angka, huruf, dsb. Hmm, benar-benar ide yang luar biasa nih. Jadi kepikiran, ponsel yang satu ini seperti koleksi James Bone saja ngga’ sich?!

Nah, demikianlah penjelasan mengenai beberapa ponsel yang dianggap unik dan aneh. Berbahagialah Anda karena mungkin dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan banyak jenis ponsel di pasaran yang bentuk dan fungsinya mungkin cocok dengan pribadi dan karakter Anda. Yah, mungkin juga ponsel-ponsel di  atas akan segera mencuat dari permukaan bumi ini. Siap-siap saja bagi para ponsel-ers atau para penggemar ponsel terbaru untuk menjadikannya tambahan koleksi Anda. Oh ya, jangan lupa berterimakasihlah dengan para desainer-desainer, insinyur, ahli IT, dan ahli-ahli lainnya yang sudah susah payah berkecimpung dalam menciptakan sebuah ponsel. Karena berkat merekalah kita bisa menikmati hasil karyanya, dan tentunya dengan hasil karya mereka telah menjadikan kita tampil gaya dan eksis.

sumber dari berbagai sumber

About Bang_Pandi

Ahmad Yuli Afandi

Posted on 24 March 2010, in Lainnya and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. semangat..salam kenal…

    thanks….

    di tunggu kunjungan baliknya…

  2. trimakasih kembali……salam kenal jg…..:)

  1. Pingback: 10 Ponsel Paling Unik di Dunia | celoteh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: