Teknik Merawat Printer

Printer-printer di generasi baru sekarang ini semakin pintar. Kemampuannya merawat diri pun semakin bagus. Namun bukan berarti kita sama sekali tidak perlu merawatnya, tentunya anda tidak ingin dana yang dikeluarkan menjadi sia-sia, karena barang semahal dan sebaik apapun kinerjanya tetap memerlukan perawatan yang continue.

Mungkin anda masih ingat dengan nasihat kesehatan yaitu : “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”?. Nasihat ini juga berlaku untuk printer. Merawat printer akan membuatnya lebih awet, dan lebih tidak bermasalah. Printer yang anda beli dengan harga kurang lebih 500 ribu, mungkin membutuhkan perbaikan yang mendekati harga aslinya ketika rusak.
Masalah utama pada printer tentu saja berkaitan dengan pekerjaan utama printer ini, yaitu tinta dan head, misalnya bisa menyebabkan tinta tidak bisa mencapai kertas dan memberikan hasil cetak yang buruk, masalah lain yang mungkin bisa mengganggu printer anda adalah adaptor dan mekanik (motor), tetapi kedua masalah ini jarang terjadi.

Sering Digunakan.

Untuk membuat printer anda awet ada satu langkah yang mungkin tanpa anda sadari sudah anda lakukan, yaitu menggunakannya secara teratur setiap hari. Banyak orang, utamanya karena kebutuhan cetaknya yang tidak banyak dan takut membayar harga tinta yang memang mahal, membiarkan printernya lama tanpa digunakan.
Printer bukanlah penghias di samping computer anda, tetapi barang yang harus digunakan secara teratur, menggunakan printer secara teratur akan membuatnya bekerja secara konsisten dan menghindarkannya dari masalah.

Membersihkan permukaan.

Selain menggunakannya secara teratur, printer akan semakin awet, dan tampak bagus jika rajin dibersihkan. Pembersihan secara teratur akan memperbaiki penampilannya sekaligus mencegah timbulnya masalah.
Untuk membersihkan permukaan printer, biasakan diri anda membersihkan bagian permukaan luar printer kapanpun adna mengganti catridge tinta. Untuk pekerjaan ini, gunakan kain berbahan lembut (berbahan kaus atau seperti kain untuk membersihkan kacamata), dan usahakan supaya tidak menyebabkan peningkatan kelembapan di bagian dalam printer.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3351834

About Bang_Pandi

Ahmad Yuli Afandi

Posted on 28 February 2010, in Tutorial & Trik. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. TIPS yg wajib diterapkan,sbg mahasiswa yg kerjaanny ngeprint terous,,hehe

    trims

    kalo lagi ga sibuk, mohon JJS n komat-kamit @ my bLog = http://lovenroll.wordpress.com🙂 TRIMSSS….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: