Google TV

Google TV telah tiba. Merespon hal tersebut, dua vendor kenamaan yakni Sony dan Logitech menyambut langkah Google, untuk bermain dalam binis baru ini.

Sony bakal merilis varian TV plus Blu-Ray, yang dilengkapi Google TV di dalamnya. Sementara Logitech sebagai pemain baru, kini tengah menyiapkan proyek internet TV mereka.

Langkah bisnis baru Google ini pun turut didukung pihak Intel. Dalam hal ini, Intel tengah menyiapkan chipset bagi Google TV, yang ditujukan untuk menjalankan fungsi web dalam TV.

Dukungan Sony tersebut diungkap saat konferensi I/O Google yang diadakan di Moscone Center, San Francisco, 19-20 Mei lalu. Dalam kesempatan tersebut turut hadir CEO Sony Sir Howard Stringer, CEO Logitech Jerry Quinlan, dan Bos Adobe Shantanu Narayen.

Sebagai informasi, teknologi ini mengusung konsep streaming TV berbasis web, termasuk kemampuann aplikasi penjelajah web, dengan TV ukuran besar yang siap dinikmati di ruang keluarga.  Selain itu, perangkat Google TV juga terhubung secara langsung dengan pesawat televisi dan perangkat lain seperti pemutar Blu ray.

Pengguna pun dapat mengakses fungsi-fungsi internet seperti pencarian online, maupun memutar video YouTube. Juga ada aplikasi web untuk game, jejaring sosial serta Google Wave. Dengan ini bentuk komunikasi via internet, sharing foto, video atau peta dapat dinikmati melalui sebuah TV.

Televisi yang semula hanya menyiarkan program televisi meningkat menjadi perangkat mobile yang bisa dengan mudah mengintegrasi kehidupan sehari-hari pada akses multimedia. Berikut beberapa aplikasi Android yang dipercaya akan bisa diakses pada Google TV.

1. USA Today
Aplikasi berita ini adalah salah satu sumber berita untuk mendapatkan berbagai kabar dan berita seputar Amerika Serikat dan internasional.

2. WeatherBug
Jika menginginkan informasi cuaca dan kondisi lalu lintas, para pemirsa dapat menggunakan aplikasi ini.

3. E! News
Gosip selebriti adalah sesuatu yang selalu menyenangkan untuk diketahui. Tak mau ketinggalan gosip? aplikasi ini akan meng-update berita, foto, dan video mengenai artis papan atas.

4. Facebook
Siapa yang tak tahu situs jejaring sosial ini. Para pemirsa tetap bisa menikmati siaran televisi sambil meng-update status Facebook dan menyapa teman melalui situs pertemanan ini.

5. Hulu for Android
Ingin menngunduh musik? Situs berbagi musik ini bisa pemirsa nikmati melalui layar televisi.

6. Meridian Media Player
Aplikasi media player ini mungkin tidak terlalu dibutuhkan karena Google TV sendiri memliki media player. Tapi aplikasi ini mampu melakukan pencarian via web sehingga tidak perlu membuka aplikasi lain untuk mengunduh file yang diinginkan.

7. Rhapsody
Menggunakan televisi untuk mendengarkan lagu mungkin sudah biasa, tapi aplikasi ini mempunyai keunggulan sendiri. Jika pemirsa sudah berlangganan Rhapsody maka mengakses berbagai koleksi musik menjadi sangat mudah.

8. DirecTV
Dengan DirecTV segala pencarian program akan lebih mudah. Aplikasi ini memudahkan permisa untuk berbagi beberapa konten, sosial media, dan layanan lainnya.

9. Twitter
Selain Facebook, kehadiran aplikasi Twitter ini memang manjadi jagoan para perangkat mobile. Tak terkecuali pada Google TV.

10. Best Buy
Walau belum dipastikan bisa didapatkan secara gratis, aplikasi ini menawarkan pencarian produk dan merekomendasi berbagai produk terbaik. menikmati produk-produk berkualitas melalui televisi memang diharapkan menjadi salah satu cara baru untuk melihat masa depan.

Sumber : http://www.detikinet.com

About Bang_Pandi

Ahmad Yuli Afandi

Posted on 21 May 2010, in Wawasan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: